Wisata Kuliner Jogja

Selain berwisata alam, kulineran enak juga harus dilakukan saat liburan ke Yogyakarta. Variannya banyak banget dengan rasa yang unik. Ingin merasakan kuliner Jogja dengan cita rasa berbeda? Kalian harus coba tempat-tempat berikut ini, dijamin kalian akan ketagihan. Check it out guys!!!

  1. Gudeg Mercon Bu Tinah

Masakan khas Jogja terkenal dengan cita rasa manisnya, Untuk kalian yang ingin merasakan ‘kuliner asli Jogja’ bercita rasa pedas, kalian bisa menikmatinya di warung Gudeg Mercon Bu Tinah. Karena cita rasa yang pedas ini, banyak wisatawan rela antre untuk mencicipi gudeg ini. Harga per porsi sekitar Rp 15 ribu hingga Rp 25 ribu tergantung lauk yang dipilih. Lokasinya berada di Jl. Asem Gede, Kranggan, Yogyakarta. Buka pukul 8 malam dan tutup pukul 3 dini hari.

  1. Entok Slenget Kang Tanir

Olahan makanan Entok memang bukan kuliner khas Jogja, akan tetapi di Jogja terdapat sebuah warung yang menyajikan olahan entok yang tak pernah sepi dari wisatawan yaitu Warung Entok Slenget Kang Tanir. Rasa masakan di sini pedas, di warung ini kalian bisa merasakan hidangan entok yang dipotong kecil-kecil dan di tongseng atau disemur dengan potongan cabai dan merica. Harga yang dipatok mulai dari Rp 15 ribu dan kalian bebas untuk mengambil nasi ekstra sampai kenyang!. Lokasi warung ini berada di Jl. Turi Pakem, Donokerto, Kabupaten Sleman. Letaknya di sebelah timur jembatan Sempor. Buka pukul 4 sore hingga 9 malam.

  1. Mie Ayam Bu Tumini

Pecinta kuliner di Jogja tentu tak asing lagi dengan warung Mie Ayam Bu Tumini. Lokasinya berada di Jl. Imogiri Timur No. 187, Umbul Harjo, Jogja. Lebih tepatnya di sebelah utara pintu masuk Terminal Giwangan. Warung makan ini boleh saja sederhana, tapi jumlah pengunjung yang datang sangat banyak, hal ini dikarenakan Mie Ayam Bu Tumini sudah lama berdiri yaitu sejak 1990. Rasa mie-nya yang tak pernah berubah, teksturnya masih lembut dan bikin lidah tak berhenti bergoyang. Porsinya juga tidak sedikit, sehingga puas makan siang di tempat makan ini Warung yang buka dari jam 10 pagi hingga pukul 5 sore ini harga per porsinya sangat ramah kantong berkisar antara Rp. 8.000 –  Rp. 22.000.

  1. Bakpia Kukus Tugu Jogja

Bakpia, kue khas kota Yogyakarta yang berbentuk bulat berisi kacang hijau atau isian lainnya, biasanya diproses dengan cara dipanggang menggunakan oven. Namun kini, ada bakpia unik dari kota Gudeg ini. Karena proses akhirnya adalah dikukus, jadilah Bakpia Kukus Tugu Jogja. Bakpia Kukus Tugu Jogja ini mempunyai tekstur lembut yang agak basah, sensasinya langsung terasa saat gigitan pertama, ika bakpia biasa lebih kering dan kasar maka Bakpia Kukus Tugu Jogja ini isinya lembut dan langsung pecah dimulut!!! Terdapat banyak varian rasanya yaitu Premium Original Kacang Hijau, Premium Original Keju, Premium Brownies Keju, Premium Original Coklat, dan Premium Brownies Coklat. Untuk harganya juga amat sangat ramah di kantong yaitu hanya Rp. 35.000 saja untuk semua varian, harga kaki lima tapi rasa bintang lima guys!!! Kuy langsung berangkat ke storenya di Jalan Magelang, Km 5,5, Kutu Asem, Sinduadu, Mlati (depan kantor DENPOM IV/2)

  1. Angkringan Lik Man

Angkringan kopi yang paling terkenal di Jogja ini jadi incaran utama para wisatawan yang penasaran bagaimana rasanya menyeruput kopi joss. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau, yakni kurang dari Rp 5.000. Minum kopi joss hangat-hangat paling nikmat sambil ditemani jadah bakar dan tempe mendoan yang murah meriah. Mak nyus tenan! Lokasinya berada di Jl. Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta, warung ini buka dari jam 14.00 – 03.00.

  1. Soto Ayam Kampung Pak Dalbe

Soto Ayam Kampung Pak Dalbe merupakan soto ayam kampung dengan rasa yang lebih ke manis, gurih dengan kuah yang segar. Seporsi soto dilengkapi dengan bihun, taoge, sledri, kobis, suwiran ayam kampung dilengkapi dengan taburan bawang goreng. Harganya juga murah, seporsi soto dengan sate rempelo ati dan es teh hanya Rp 16.000 saja. Warung ini berada di Jalan Jendral Sudirman, Yogyakarta (samping restoran Pizza Hut), warung ini buka senin – jumat dari jam 06.00 hingga jam 14.00.

  1. Sogul (Sop dan Gulai Ayam)

Saat ini kuliner Sogul atau perpaduan Sop dan Gulai Ayam menjadi tren bagi pecinta kuliner di Jogja. Kuliner ini cukup diminati karena rasanya yang unik dan super pedas.

Sogul sendiri terdiri dari dua menu yang unik yaitu balungan dengan kuah cokelat kemerahan dan balungan dengan kuah sop. Pengunjung bisa pesan ekstra cabai jika ingin merasakan tingkat kepedasan yang hakiki. Harga Sogul ini beragam mulai dari Rp 11 ribu per porsi. Di sini juga ada sop jagung isi daging yang bakal bikin susah untuk ngelupain rasanya guys!! Lokasi warung ini berada di Jl. C Simanjuntak, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

  1. Soto Bathok Mbah Katro

Warung soto ini menempati bangunan saung bambu yang menjadi ciri khasnya. Warung yang bertuliskan “Saoto Bathok Mbah Katro” ini punya soto daging sapi yang jadi favorit banyak orang. Soto yang disajikan dalam bathok atau tempurung kelapa ini terdiri dari nasi, tauge, potongan daging sapi, dan ditaburi dengan cincangan daun seledri serta taburan bawang merah goreng, kemudian disiram dengan kaldu sapi yang bening dan sangat gurih. Soto Bathok Mbah Katro buka mulai dari jam 06.00 – 16.00, harga soto ini terbilang murah sekali mulai dari hariga Rp. 5000 seporsinya, tempat ini berlokasi di Sambisari, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman.

Posted in Artikel and tagged , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *